UPDATE PUSKESMAS DINOYO

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

Berikut adalah Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat yang telah dilakukan Puskesmas Dinoyo pada periode bulan Juli – Desember 2019 dan periode bulan Januari – Juni 2020:

Grafik Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat, 2019 – 2020

  • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unit pelayanan periode bulan Juli – Desember 2019 : 85,23 dengan Kategori Mutu Pelayanan kriteria B (BAIK). Dilihat dari item per unsur pelayanan, semua masuk dalam batas sesuai standart (diatas 3,0644). Nilai interval IKM 3,41 dan Nilai Interval Konversi IKM 85,23 masuk dalam kategori Mutu Pelayanan B yang berarti Kinerja Unit Pelayanan adalah BAIK.
  • Sedangkan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unit pelayanan periode bulan Januari – Juni 2020 : 87,17 dengan Kategori Mutu Pelayanan kriteria B (BAIK). Dilihat dari item per unsur pelayanan, semua masuk dalam batas sesuai standart (diatas 3,064). Nilai Interval Konversi IKM 3,49 dan Nilai Interval Konversi IKM 87,17 masuk dalam kategori Mutu Pelayanan B yang berarti Kinerja Unit Pelayanan adalah BAIK.

Berikut adalah grafik Hasil Survei Kepuasan Masyarakat apabila di rangkum dari periode tahun 2019 semester 1 dan 2 hingga periode tahun 2020 semester 1:

Grafik Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Puskesmas Dinoyo

Dari hasil survey tersebut dilakukan upaya tindak lanjut dengan mengevaluasi masing-masing unit pelayanan untuk meningkatkan pelayanan (KIE, kecepatan, kenyamanan, dll).

Berikut adalah gambaran data rangkuman saran dan kritik yang ditulis pelanggan di lembar kuesioner periode bulan Juli – Desember 2019:

Saran dan kritik Pelanggan Periode Juli – Desember 2019

Rencana Tindak Lanjut adalah sebagai berikut:

1. Pelayanan sudah baik, perlu ditingkatkan dan dipertahankan: kami petugas puskesmas Dinoyo akan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien.

2. Antrian lama: Menambah tenaga medis dan paramedis agar pelayanan lebih cepat. Waktu pelayanan dibatasi per pasien maksimal 10 menit. dan memotivasi pasien untuk sabar menunggu antrian panggilan dari poli.

3. Ruang tunggu kurang luas : Lahan Puskesmas Dinoyo yang terbatas terutama untuk ruang tunggu, untuk saat ini ruang tunggu dimaksimalkan dan diutamakan untuk pengunjung. Akan dipertimbangkan lagi untuk pengembangan selanjutnya.

4. Pengeras suara di Poli Umum : Mesin pemanggil antrian diperbaiki, dan aktif dipakai lagi, sehingga tidak perlu memanggil pasien secara manual lagi.

5. Informasi yang diberikan kurang mendetail : Kami tim Puskesmas Dinoyo berusaha untuk dapat melayani masyarakat, dengan sebaik mungkin, serta tenaga medis dan paramedis dalam memberikan pelayanan sesuai dengan SOP.

 

Berikut adalah gambaran data rangkuman saran dan kritik yang ditulis pelanggan di lembar kuesioner periode bulan Januari – Juni 2020:

Saran dan Kritik Pelanggan Periode Januari – Juni 2020

Rencana Tindak Lanjut adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan sudah baik,perlu ditingkatkan Dan dipertahankan: Kami petugas puskesmas dinoyo akan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien.
  2. Antrian lama : Menambah tenaga medis dan paramedis agar pelayanan lebih cepat. Waktu pelayanan pasien dipercepat. Dan memasang pengumuman didepan pintu tiap poli agar pasien sabar menunggu antrian panggilan dari poli
  3. Perlu adanya penambahan toilet dan Ruang tunggu lab dekat kamar mandi bau tidak sedap : Jumlah toilet di Puskesmas Dinoyo dalam jumlah yang cukup, sehingga tidak memerlukan penambahan toilet. Melakukan koordinasi dengan petugas sanitasi, petugas kebersihan untuk menangani bau kamar mandi yang tidak sedap. Dan berusaha untuk tetap menjaga kebersihan kamar mandi.
  4. Perlu adanya informasi tentang biaya cek laboratorium :Memasang papan informasi biaya/Tarif pemeriksaan laboratorium di bagian kasir sehingga pasien mengetahui biaya lab.
  1. Anak perawat magang dalam melakukan tindakan tidak hygienis:Melakukan briefing kepada mahasiswa atau SMK Keperawatan mengenai penatalaksanaan tindakan keperawatan sesuai SOP.
  2. Jam buka loket perlu diperhatikan : Sesuai dengan peraturan Walikota malang jam buka loket pukul 07.30 wib, dan tim puskesmas dinoyo melakukan koordinasi dengan  tim loket pendaftaran mengenai jam buka pelayanan. Dan berusaha untuk membuka loket pendaftaran tepat waktu.
  3. Keramahan kurang : Untuk loket disarankan membuat tulisan ,bahwa pelayanan akan lama bila persyaratan kurang, supaya pasien yang lain sabar menunggu. Petugas layanan dimotivasi untuk tetap bisa melayani dengan ramah,dan senyum meskipun jumlah pasien banyak
About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *