ARTIKELINOVASI PUSKESMAS DINOYOLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYO

“Gerbang STBM” Puskesmas Dinoyo di Kelurahan Tlogomas

Apa itu Gerbang STBM? Bagaimana Kegiatannya? Simak artikel berikut yaa…

STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat sudah di canangkan oleh pemerintah sejak tahun 2008, sesuai  amanah dari Permenkes No.3 Tahun 2014, tujuan STBM adalah untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Namun kegiatan STBM ini belum  familiar dimasyarakat dan belum semua pilar STBM dilaksanakan khususnya di wilayah kerja Puskesmas Dinoyo. Untuk itu Puskesmas Dinoyo melalui Program Kesehatan Lingkungan melaksanakan kegiatan GERBANG STBM (Gerakan Bangun Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Gerbang STBM  bertujuan untuk meningkatkan cakupan rumah tangga yang melaksanakan 5 Pilar STBM sehingga bisa terwujud Kelurahan STBM sebagaimana yang di targetkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang termuat dalam Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP). Kegiatan Gerbang STBM meliputi kampanye STBM dimasyarakat, pelatihan teknologi tepat guna dalam pelaksanaan STBM 5 Pilar melalui kegiatan pelatihan singkat (short training).

Untuk mencapai tujuan tersebut pada hari  Kamis, 14 Oktober 2021 bertempat di ruang pertemuan Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru, Puskesmas Dinoyo melaksanakan GERBANG STBM yang pertama kali. Pertemuan ini dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Lurah Tlogomas yang secara sepintas menyampaikan dukungan Kelurahan Tlogomas  untuk kegiatan ini.

Pembukaan Gerbang STBM oleh Lurah Tlogomas

Agenda pertama adalah Kampanye STBM yang harus diterapkan di rumah tangga.  5 Pilar STBM yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga

Kampanye 5 Pilar STBM

Setelah melaksanakan kampanye STBM, selanjutnya penerapan teknologi tepat guna sederhana dalam implementasi STBM di skala rumah tangga melalui pelatihan singkat (short training). Short training kali ini implementasi pilar ke 5 STBM (pengamanan limbah cair rumah tangga) dengan memanfaatkan minyak jelantah menjadi sabun dan lilin yang mempunyai nilai jual dan manfaat yang berbeda. Dengan dimanfaatkannya kembali minyak jelantah maka  pencemaran air dan dan tahan karena minyak dapat di cegah sehingga pilar 5 di rumah tangga dapat dicapai.

Short training pembuatan pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin dan sabun

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *