ARTIKELUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Scabies

Scabies atau yang dikenal dengan kudis adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh masuknya tungau kecil ke dalam lapisan kulit. Tungau ini bernama Sarcoptes scabiei,  mempunyai ukuran yang sangat kecil dan dapat bersarang pada lapisan kulit dan bertelur di dalam kulit, sehingga pengidap kudis akan merasakan gatal pada kulitnya.

Penyebab Scabies / kudis
ungau Sarcoptes scabiei merupakan penyebab utama adanya scabies pada manusia. Tungau ini akan membuat kubang pada bagian bawah lapisan kulit untuk dijadikan sarang. Terowongan ini juga dijadikan tempat untuk bertahan hidup dengan menjadi benalu pada kulit manusia. Penularan scabies pada manusia dapat melalui dua cara, yaitu:

  1. Kontak langsung dengan pengidap melalui hubungan seksual, pelukan, atau berjabat tangan.
  2. Kontak tidak langsung dengan pengidap melalui pakaian, handuk, tempat tidur, bantal, dan peralatan lainnya yang telah terkontaminasi tungau.

Bagaimana cara pencegahan scabies / kudis?

penularan scabies terjadi ketika kamu terpapar tungau Sarcoptes scabiei, baik melalui kontak langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu, pencegahan paling ampuh dalam mencegah scabies adalah mencegah diri agar terhindar dari tungau tersebut. Dalam hal ini, langkah-langkah yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  1. Membersihkan semua pakaian dan barang pribadi ketika mencurigai bahwa kamu telah terpapar tungau.
  2. Menerapkan PHBS / Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan sering mencuci tangan.
  3. Sering mencuci dan menjemur alat tidur seperti bantal, sprey dan bantal dibawah sinar matahari.
  4. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan rumah dengan baik.

Referensi :

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *