ARTIKELLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Hari Santri Nasional 2021

Setiap tanggal 22 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Santri Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Pada tahun ini, tema hari santri adalah Santri Siaga Jiwa Raga. Dikutip dari laman kemenag.go.id, tema tersebut memiliki penjelasan sebagai berikut:

  • Siagan Jiwa bermakna santri tidak boleh lengah dalam menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. 
  • Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. 

Ditengah pandemi covid19, santri juga diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M+1D yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa.

Untuk terus meningkatkan pengetahuan serta pemahaman khususnya dalam bidang kesehatan di pondok pesantren, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Dinoyo melakukan penyuluhan di salah satu pondok pesantren wilayah kerja Puskesmas Dinoyo yaitu Pondok Pesantren Putri Al Azkiya’ di Merjosari. Adapun materi yang disampaikan terkait dengan stunting, vaksinasi covid19 serta aktivitas fisik. Peserta sangat antusias dengan kegiatan penyuluhan ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan saat sesi diskusi.

 

 

 

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *