ARTIKELUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Hari Kesehatan Nasional 2021

Setiap tahun, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) jatuh pada tanggal 12 November. Tema yang diangkat pada HKN ke-57 Tahun 2021 adalah “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”.

Harapan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengangkat tema tersebut yaitu untuk menjadikan penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum, khusus, dan penggiat sektor kesehatan untuk bangkit dari kondisi pandemi Covid-19.

Ditahun yang sulit ini, memiliki semangat untuk terus bertumbuh tentu merupakan sebuah keistimewaan. Badai Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia mengajarkan kita untuk bersatu padu dalam mengatasi penyebaran penyakit Covid-19, menekan angka kematian, meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 serta tetap mentaati protokol kesehatan.

Logo HKN 2021 berupa angka 57 dan menyerupai perisai. Berikut makna dari logo HKN ke-57

  1. Berbentuk Angka 57

Peringatan bahwa HKN memasuki usia ke-57 tahun.

  1. Menggambarkan Semangat

Logo tersebut menggambarkan semangat, kerjasama, kolaborasi, dan gotong royong untuk melawan pandemi Covid-19. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pelaksanaan pelayanan Vaksinasi Nasional yang dapat membentuk kekebalan tubuh sehingga dapat mewujudkan Indonesia sehat, lepas dari pandemi, dan terus tumbuh.

  1. Minta Terapkan Protokol Kesehatan

Diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, meliputi : Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas

  1. Arti Warna Logo

Logo HKN terdapat tiga warna yaitu Biru, Hijau, dan Orange yang mengandung makna sebagai berikut :

  • Biru turquoise melambangkan unsur sehat, kepercayaan, dan integritas
  • Hijau terang memberikan efek ramah, hangat, dan semangat dalam melayani
  • Orange melambangkan adaptasi, semangat, dan pantang menyerah

Diharapkan HKN ke-57 ini bisa menjadi semangat sert awal pulihnya seluruh sektor di masyarakat sehingga Indonesia kembali Sehat dan Tumbuh.

Referensi:

Gan, K., & Atuhi, P. R. O. (2021). HKN KE-57 HKN KE-57 (pp. 1–40). Kementerian Kesehatan RI.

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *