UPDATE PUSKESMAS DINOYO

Kaji Banding Puskesmas Maliku ke Puskesmas Dinoyo

Akreditasi puskesmas (akreditasi) adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Puskesmas, setelah dilakukan penilaian bahwa Puskesmas telah memenuhi standar akreditasi. Akreditasi Puskesmas dilakukan setidaknya 3 tahun sekali. Pada Kamis, 9 Desember 2021 yang lalu Puskesmas Dinoyo berkesempatan menerima Kaji Banding dalam rangka reakreditasi puskesmas dari Puskesmas Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Kaji banding ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Kepala Puskesmas Maliku, Penanggung Jawab UKM, UKP, dan admen beserta staf.

Pada kesempatan yang baik ini, Sekertaris Dinas Kesehatan, dr. Umar Usman, berkesempatan membuka kegiatan Kaji Banding Puskesmas Malik uke Puskesmas Dinoyo. Beliau menyampaikan bahwa, apa – apa saja yang baik dari Puskesmas Dinoyo dan bisa diadaptasi oleh Puskesmas Maliku bisa diambil dan merupakan take home message  dari kegiatan kaji banding ini.

Kepala Puskesmas Dinoyo, dr. Ida Megawati, menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan akreditasi  dan re-akreditasi Puskesmas. Dalam paparannya dr. Ida menyampaikan beberapa inovasi Puskesmas Dinoyo, seperti inovasi dari laboratorium yaitu Antar, inovasi dari promosi kesehatan yaitu pemanfaat website dan kerja sama untuk melakukan penyuluhan melalui radio, klinik harmoni, inovasi dari KIA yaitu klinik lembayung, garwa dan Dambaan Lita, dll.

Selanjutnya dilakukan diskusi antar penanggung jawab. Dalam diskusi ini dilakukan sharing dan tanya jawab antar puskesmas. Puskesmas Dinoyo sebagai fasilitator memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Puskesmas Maliku sesuai dengan apa yang ditanyakan dan ditambahkan dengan informasi yang sekiranya diperlukan pada saat re-akreditasi.

Selain itu, melakukan peninjauan ke posyandu Mawar di Kelurahan Dinoyo dan tempat pembuatan keramik Dinoyo. Berikut beberapa dokumentasi yang dapat diabadikan.

Akhirnya, semoga kaji banding ini membawa manfaat bagi kita semua dan seluruh staf Puskesmas Maliku sampai dengan selamat.

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *