ARTIKELUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Bimbingan Asuhan Keperawatan Komunitas Masyarakat di Panti Asuhan Nurul Abyad

Pada tanggal 11 Januari 2021, bertempat di Panti Asuhan Nurul Abyad telah dilakukan bimbingan asuhan keperawatan komunitas oleh Puskesmas Dinoyo, pembimbing lapangan, Pembina wilayah bersama dengan mahasiswa profesi Ners dari Polkesma.

Apa sih Asuhan Keperawatan Komunitas itu?

Asuhan keperawatan komunitas merupakan suatu layanan keperawatan yang menitikberatkan pada kelompok rentan, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Kelompok rentan di wilayah kerja Puskesmas Dinoyo meliputi beberapa kelompok masyarakat seperti pondok pesantren, panti asuhan, ibu hamil, anak, balita, remaja risiko tinggi, pedagang kaki lima, kelompok upaya kesehatan kerja (UKK).

Asuhan keperawatan kali ini dilakukan pada kelompok masyarakat panti asuhan Nurul Abyad. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat panti asuhan Nurul Abyad yang terletak di kelurahan Sumbersari. Saat ini, panti asuhan Nurul Abyad dihuni oleh 19 orang anak.

Asuhan keperawatan yang telah dilakukan yaitu pendataan dan pengkajian masalah-masalah kesehatan seperti masalah perilaku hidup bersih dan sehat, masalah kesehatan lingkungan, masalah gizi, pemeriksaan kesehatan, dan sebagainya. Dari hasil pendataan dipilih 3 masalah utama yang paling banyak muncul yaitu nyeri haid pada remaja putri, anemia remaja putri, dan tidak memiliki kartu asuransi kesehatan (BPJS).

Setelah dilakukan musyarawah masyarakat panti asuhan diperoleh solusi untuk memecahkan permasalahn tersebut. Untuk mengatasi nyeri haid dan anemia pada remaja putri dapat melakukan pemeriksaan di Puskesmas Dinoyo dengan membawa buku pengantar berobat serta membentuk kader kesehatan panti yang akan dilatih oleh mahasiswa profesi. Sedangkan untuk permasalah kepemilikan asuransi kesehatan atau BPJS akan berkoordinasi dengan kelurahan Sumbersari sehingga dapat difasilitasi untuk mendapatkan jaminan kesehatan (BPJS) seperti masyarakat lainnya.

 

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *