LAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Hari Kesehatan Gigi Mulut Nasional (HKGN)

Hallo Sobat Sehat!

Setiap tanggal 12 September 2022, diperingati sebagai hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN). Kegiatan tahun ini sudah bisa dikatakan meriah dengan dilakukan gebyar sikat gigi bersama seluruh Indonesia. Di Puskesmas Dinoyo sendiri, kegiatan HKGN dilakukan di salah satu sekolah dasar yang terpilih yaitu SDN 2 Dinoyo. Rangkaian kegiatan HKGN sendiri terdiri dari:

  1. Penyuluhan kesehatan gigi oleh peri gigi yaitu dr. Eva Nurfaizah Hidayati yang menjelaskan kondisi gigi yang sehat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi sehari 2 kali yaitu saat setelah makan pagi dan sebelum tidur malam hari. Lebih lanjut, dr. Eva menjelaskan bila sikat gigi dilakukan pada saat mandi sore hari maka ditambah satu kali lagi sebelum tidur. Selain itu, mengurangi makanan manis dan memperbanyak makan buah sayur.
  2. Praktik sikat gigi bersama yang dipandu oleh tim poli gigi Puskesmas Dinoyo.

Anak-anak yang mewakili sekolah untuk kegiatan tersebut sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Rangkaian acara berjalan lancar.