UPDATE PUSKESMAS DINOYO

Tes Kebugaran di Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo

Halo Sobat Sehat!

Salah satu agenda Puskesmas Dinoyo di Bulan Maret ini adalah tes kebugaran bagi siswa – siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Dinoyo. Tes kebugaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmaninya dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya atau serangkaian pengukuran kondisi fisik bagi anak dan remaja indonesia.

Pemeriksaan test kebugaran jasmani pada anak sekolah ini dimaksudkan untuk mewujudkan siswa/siswi SD yang sehat, bugar dan berprestasi melalui pembudayaan aktifitas fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur di lingkungan sekolah. Perbedaan Test Kebugaran Pada Anak Sekolah tingkat SD dan SMU berbeda, dimana untuk anak SD test kebugaran dengan melaksanakan lari sejauh 1000 m.

Selain itu, tujuan dari tes kebugaran ini yaitu untuk meningkatkan perilaku siswa SD dalam meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatnya pengetahuan siswa SD terhadap perlunya latihan fisik dan olahraga menjadi budaya hidup sehari-hari, meningkatkan kemandirian sekolah dalam mendukung gerakan masyarakat untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa SD.

Tes kebugaran jasmani pada siswa/siswi SD juga merupakan salah satu komponen penting yang dapat mendukung prestasi siswa. Kebugaran jasmani dapat menggambarkan kondisi fisik seseorang untuk melakukan aktivitas. Kebugaran jasmani tidak sama dengan kesehatan. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar pasti sehat.

Apa kabar kebugaran sobat sehat hari ini?