ARTIKELLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYOVAKSINASI COVID19

Vaksinasi Covid19 Bagi Lansia Puskesmas Dinoyo Bekerja Sama dengan RSI Unisma

Vaksinasi Covid19 terbukti menurunkan tingkat keparahan infeksi covid19 dan angka kematian akibat Covid19. Salah satu sasaran vaksinasi covid19  adalah lansia. Lansia merupakan kelompok rentan yang perlu dicegah supaya tidak terinfeksi Covid19. Lansia sering kali memiliki penyakit kronis yang dapat memperparah kondisinya bila terinfeksi Covid19.


Puskesmas Dinoyo bekerja sama dengan RSI UNISMA kota Malang melakukan vaksinasi bagi lansia. Adapuan sasaran vaksinasi Covid19 kali ini dikhususkan bagi lansia dengan komorbid. Sebagaimana kita ketahui, masih banyak lansia yang enggan melakukan vaksinasi karena berbagai macam alasan. Melalui survei yang dilakukan oleh Puskesmas Dinoyo, didapatkan informasi bahwa lansia tersebut merasa khawatir penyakitnya akan bertambah parah, merasa tidak perlu vaksin karena tidak kemana-mana, dan serta tidak memiliki akses ke lokasi vaksinasi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Puskesmas Dinoyo secara khusus mengundang dokter spesialis penyakit dalam dari RSI Unisma untuk bisa menjadi konsulen bagi sasaran vaksinasi. Pada Selasa, 16 November 2021, dr. Hardadi dan dr. Aca beserta tim RSI Unisma memberikan layanan secara gratis bagi lansia yang antusias akan melakukan vaksinasi di Puskesmas Dinoyo. Selain konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, dilakukan pula pemeriksaan gula darah bagi lansia dan pendamping.

Selain itu, Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Khusnul Muarif, juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Dinoyo. Beliau memberikan pesan bahwa lansia sebisa mungkin mendapatkan vaksinasi Covid19.

 

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *