ARTIKELLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang sering diserang adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru.

 

Penyebab Tuberkulosis

Penyebab Tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penularan tuberkulosis ini terjadi karena sebaran dari seseorang yang yang terinfeksi TBC melalui udara (droplet). Oleh sebab itu, risiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC.

Gejala Tuberkulosis

Pengidap tuberkulosis laten atau tidak aktif umumnya tidak akan mengalami gejala apapun. Meskipun demikian, bakteri sudah berada dalam tubuh. Akan tetapi, bakteri dalam tubuh belum menyebabkan kerusakan apapun. Saat bakteri mulai aktif, kondisi inilah yang memicu gejala pada pengidap tuberkulosis. Gejala yang timbul antara lain :

  • Batuk berdahak lebih dari 3 minggu
  • Demam
  • Sesak nafas
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan menurun
  • Berkeringat pada malam hari

 

Pengobatan Tuberkulosis

Pengobatan TBC adalah dengan mengonsumsi obat sesuai dosis dan anjuran dari  dokter. Jenis obat yang diresepkan untuk mengatasi TBC antara lain rifampicin dan ethambutol

TBC dapat dicegah dengan vaksin BCG. Pemberian vaksin ini disarankan sebelum bayi berusia 2 bulan. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit dan memakai masker saat berada di tempat ramai.

*disarikan dari berbagai sumber

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *