ARTIKELUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Giat Kelurahan Siaga Dinoyo

Untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai macam ancaman kesehatan, Puskesmas Dinoyo bersama Dinas Kesehatan Kota Malang mengisi acara dalam giat Kelurahan Siaga Dinoyo yang diselanggarakan pada hari Selasa, 8 Maret 2022 di Aula Kelurahan Dinoyo.

Pada pertemuan ini disampaikan informasi mengenai kelurahan siaga serta perannya dalam masa pandemi covid19. Secara umum kelurahan siaga disetiap kelurahan memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Pengenalan kondisi kelurahan
  2. Identifikasi Masalah serta PHBS
  3. Musyarawah Masyarakat Kelurahan
  4. Perencanaan Partisipatif
  5. Pelaksanaan Kegiatan

Kelima kegiatan diatas dilakukan secara terus menerus sehingga dapat diperoleh suatu pemecahan masalah yang tepat sehingga masalah yang ada akan terselesaikan.

Materi selanjutnya yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang adalah Posyandu. Posyandu merupakan pos pelayanan terpadu salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)  yang keberadaannya sangat membantu petugas kesehatan untuk memantau status kesehatan khususnya ibu, bayi dan balita, dan masyarakat pada umumnya. Penyelenggaraan posyandu bertujuan untuk pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Acara ini berlangsung kurang lebih dua jam dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *