ARTIKELSKMUPDATE PUSKESMAS DINOYO

SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PERIODE 1 TAHUN 2022

Dear sobat Sehat berikut adalah hasil Survei Kepuasan Masyarakat Periode 1 Tahun 2022. Survei ini dilakukan pada 150 pengunjung di Puskesmas Dinoyo dalam periode Januari – Juni 2022.

Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM unit pelayanan peride bulan Januari – Juni 2022 sebesar 91,95 dengan kategori Mutu Pelayanan Kriteria A (SANGAT BAIK). Dilihat dari setiap unsur pelayanan semua masuk dalam batas sesuai standar. Nilai interval IKM yang diperoleh adalah 3,68 dan Nilai Interval Konversi IKM 91,95 masuk dalam kategori Mutu Pelayanan A artinya Kinerja Unit Pelayanan adalah SANGAT BAIK.

Diagram Nilai Masing-masing Unsur Pelayanan

Berikut adalah gambaran data rangkuman saran dan kritik yang ditulis pelanggan di lembar kuesioner periode bulan Januari – Juni 2022:

Diagram rangkuman saran dan kritik pelanggan

Rencana Tindak Lanjut:

  1. Pelayanan dan sarana prasarana sudah sangat baik, perlu ditingkatkan dan dipertahankan: Kami petugas puskesmas dinoyo akan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien.
  2. Antrian lama : Waktu pelayanan pasien dipercepat. Dan memasang pengumuman didepan pintu tiap poli agar pasien sabar menunggu antrian panggilan dari poli
  3. Penataan ulang ruang tunggu : Ruang tunggu yang sudah ada ditata kembali agar pasien yang datang merasa nyaman dan mengatur alur pengunjung dan pengantar pasien.
  4. Penataan mahasiswa magang : Mahasiswa magang diatur sesuai jumlah poli di Puskesmas Dinoyo. Untuk jumlah mahasiswa setiap poli adalah poli umum 2, poli anak 2, UGD 1, poli ISPA 1, dan posyandu 2.