ARTIKELUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Pekan ASI Sedunia

Sobat sehat!

Setiap tanggal 1 – 7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Pekan ASI diperingati untuk memberikan dukungan kepada para ibu yang memberikan ASI kepada anaknya. Pada peringatan tahun ini, WHO dan UNICEF mengajak Pemerintah, Masyarakat dan Mitra untuk :

  • Memastikan agar ibu menyusui menerima vaksin COVID-19 dan ibu didorong agar tetap menyusui setelah vaksinasi
  • Memastikan ketersediaan konseling menyusui untuk semua ibu dan pengasuh dari anak berusia di bawah dua tahun, baik secara tatap muka maupun melalui sarana digital
  • Menguatkan implementasi dan pemantauan penerapan Kode Internasional Pemasaran Produk Pengganti ASI untuk melindungi ibu dari pemasaran produk pengganti ASI yang tidak etis.
  • Memastikan perlindungan dan dukungan untuk ibu agar melanjutkan pemberian ASI, lepas dari status COVID-19 dari ibu dan anak. (unicef.org)

Setidaknya baru 1 dari 2 bayi di bawah usia enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif di Indonesia dan setidaknya hanya 3 bulan bayi di bawah 6 bulan mendapatkan ASI. Pada usia 12 bulan dan 23 bulan, setidaknya ada tiga perempat dan lima puluh persen dari seluruh populasi bayi.  ASI merupakan sumber gizi yang baik bagi bayi dan balita, setidaknya dengan memberikan ASI dapat menyelamatkan nyawa 820.000 nyawa dan mencegah pertambahan 20.000 kasus kanker payudara perempuan setiap tahunnya.

Selamat mengASI!