ARTIKELLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Merdeka Meng-ASI untuk Masa Depan Generasi

Satu minggu pertama di bulan Agustus merupakan pekan ASI. Untuk itu, acara Inspirasi Pagi di radio MASFM Kota Malang mengangkat tema “Merdeka Meng-ASI untuk Masa Depan Generasi”.

Berikut adalah ringkasan siaran Inspirasi Pagi

Apa itu ASI eksklusif?

ASI eksklusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) ke bayi yang baru lahir sampai usianya 6 bulan. Dikatakan eksklusif karena selama kurun waktu 6 bulan tersebut, bayi hanya diperbolehkan menerima ASI dan tidak diberikan makanan atau minuman lainnya, termasuk air putih.

Apa saja kandungan yang ada di dalam ASI eksklusif?

Ada 3 jenis ASI

  • Kolostrum adalah ASI yang keluar pada hari pertama hingga hari ke 3-5 setelah persalinan. Memiliki warna putih agak kekuningan & kental. Kolostrum kaya akan protein, vitamin, mineral serta imunoglobulin sebagai antibodi pasif dari ibu ke bayi.
  • ASI transisi diproduksi pada hari ke 3-8. Mengandung kadar lemak yang tinggi, laktosa, vitamin dan kalori yang lebih banyak dibandingkan kolostrum.
  • ASI matur adalah ASI yang keluar pada hari 8 hingga seterusnya. Kandungannya 90% air dan 10% berupa protein, karbohifrat, lemak, vitamin dan mineral. Nutrisi akan yang terus berubah disesuaikan dengan perkembangan bayi sampai enam bulan.

ASI memiliki tekstur sebagai berikut ASI matur terdiri dari 2 jenis, yaitu foremilk dan hindmilk. Foremilk terjadi awal sesi memyusui dan mengandung air, vitamin dan protein. Ketika payudara hampir kosong dan sesi menyusui hampir selesai maka yang keluar adalah hindmilk yang mengandung kadar lemak yang tinggi.

Apa saja manfaat ASI?

ASI bermanfaat bagi ibu dan bayi. Secara umum bagi bayi ASI memiliki manfaat yaitu mencegah infeksi, membantu perkembangan otak dan fisik bayi, serta melancarkan pencernaan. Sedangkan manfaat bagi ibu yaitu memperkuat ikatan ibu dan anak, meningkatkan kontraksi rahim, mengurangi perdarahan dan mengembalikan ukuran rahim, KB alami, menurunkan berat badan serta hemat secara ekonomi.

Bagaimana tanda bayi lapar atau sudah cukup menerima ASI?

Bayi yang lapar biasanya cenderung untuk menangis, rewel, dan mencari puting. Sedangkan untuk bayi yang sudah kenyang biasanya cenderung tenang, melepaskan payudara sendiri dan tertidur.

Bila bayi sakit dan diberikan obat, apakah mempengaruhi pemberian ASI ekskusif ?

Sebaiknya bayi diupayakan tidak sakit selama awal-awal setelah kelahiran, usia 1, 2 dan 3 bulan merupakan usia yang cukup rentan. Hal ini diusahakan dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi. Namun, bila memang harus minum obat harus sesuai dengan kondisi bayi dan sesuai kebutuhan.

Nah, bunda-bunda tetap semangat, sehat dan bahagia untuk bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati tercinta.