ARTIKELSKMUPDATE PUSKESMAS DINOYO

Survei Kepuasan Masyarakat Periode II Tahun 2022

Halo Sobat Sehat!

Tim survei kepuasan masyarakat Puskesmas Dinoyo telah selesai melakukan survei dan analisis data terhadap hasil survei kepuasan masyarkat pada Puskesmas Dinoyo. Hasil survei ini merupakan hasil olahan dari 150 responden pada periode bulan Juli – Desember 2022. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut:

Berdasarkan hasil diatas, nilai indeks kepuasan  masyarakat terhadap layanan Puskesmas Dinoyo adalah 91,03 artinya SANGAT BAIK atau bila dikonversikan ke dalam bentuk huruf maka masuk kategori A.  Berikut disampaikan pula penilaian setiap unsur dari survei kepuasan masyarakat, mulai dari persyaratan pelayanan, sistem-mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian pelayanan, biaya/tarif, produk/hasil layanan, Kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan serta sarana dan prasarana. Secara umum keseluruhan unsur tersebut mendapatkan penilaian 3,64 atau kategori A.

Diagram masing-masing unsur

Dalam survei ini pula diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan saran dan masukan kepada Puskesmas Dinoyo. Berikut adalah hasil ringkasannya:

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

  1. Pelayanan dan sarana prasarana sudah sangat baik, perlu ditingkatkan dan dipertahankan: Puskesmas dinoyo sebagai salah satu pelayanan publik di Kota Malang, kami terus berusaha untuk memberikan yang optimal serta memfasilitasi sarana dan prasarana sesuai standar.
  1. Penataan ulang ruang tunggu :Ruang tunggu yang sudah ada ditata kembali agar pasien yang datang merasa nyaman dan mengatur alur pengunjung dan pengantar pasien.
  1. Perlu adanya informasi alur pelayanan : Memasang informasi alur pelayanan di tempat strategis seperti di pintu masuk Puskesmas, di papan informasi loket pendaftaran.
  1. Ada petugas yang menggunakan pakaian bebas : Setelah kami konfirmasi dan telusuri ke penanggung jawab poli, petugas yang menggunakan pakaian bebas berasal dari LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat)  yang membantu kegiatan pelayanan di puskesmas. Solusi yang dapat dilakukan adalah petugas tetap menggunakan gown dan mengenakan tanda pengenal /ID cards
  1. Perlu adanya pembayaran dengan metode non tunai dan peniadaan juru parkir berbayar : Untuk Pembayaran non tunai harus puskesmas konsultasikan dahulu dengan BPKAD dan dinas terkait lainnya mengenai pembayaran non tunai apakah di ijinkan atau tidak. Untuk masalah parkir menjadi kewenangan dari dinas perhubungan Kota Malang. Dan Puskesmas termasuk salah satu dari lokasi parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub).Untuk juru parkir juga merupakan kewenangan Dishub.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah mengisi dan memberikan saran serta kritikan terhadap Puskesmas Dinoyo. Semoga ke depan akan lebih baik lagi.

Puskesmas Dinoyo, hadir untuk mewujudkan Masyarakat Sehat Mandiri.