ARTIKEL

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) PERIODE JULI – DESEMBER 2021

Berikut adalah Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat yang telah dilakukan Puskesmas Dinoyo pada periode bulan Juli – Desember 2021:

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) unit pelayanan periode bulan Juli – Desember : 91,91 dengan Kategori Mutu Pelayanan kriteria A (SANGAT BAIK). Dilihat dari item per unsur pelayanan, semua masuk dalam batas sesuai standart (diatas 3,5324). Nilai interval IKM 3,68 dan Nilai Interval Konversi IKM 91,91 masuk dalam kategori Mutu Pelayanan A yang berarti Kinerja Unit Pelayanan adalah SANGAT BAIK.

Dari hasil survey tersebut dilakukan upaya tindak lanjut dengan mengevaluasi masing-masing unit pelayanan untuk meningkatkan pelayanan (KIE, kecepatan, kenyamanan, dll).

Berikut adalah gambaran data rangkuman saran dan kritik yang ditulis pelanggan di lembar kuesioner periode bulan Juli – Desember 2021:

Rencana Tindak Lanjut:

  1. Pelayanan dan sarana prasarana sudah baik, perlu ditingkatkan dan dipertahankan: Kami petugas puskesmas dinoyo akan selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien.
  2. Antrian lama : Waktu pelayanan pasien dipercepat. Dan memasang pengumuman didepan pintu tiap poli agar pasien sabar menunggu antrian panggilan dari poli
  3. Perlu penambahan ruang tunggu : Ruang tunggu yang sudah ada, di tata kembali  dan penambahan kursi agar pasien yang datang tidak berjubel, dan merasa nyaman.
  4. Perlu penambahan petugas : Untuk saat ini belum adanya penambahan petugas. Puskesmas dinoyo berusaha untuk memaksimalkan petugas yang ada di puskesmas melalui pengaturan jadwal petugas dan mengatur alur pelayanan sehingga pasien dapat terlayani dengan baik.
About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *