ARTIKELLAYANAN PUSKESMASUPDATE PUSKESMAS DINOYOVAKSINASI COVID19

Layanan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo

Kegiatan vaksinasi Covid-19 telah dimulai sejak awal tahun 2021. Program vaksinasi Covid-19 yang secara bertahap dilakukan bagi seluruh warga negara Indonesia. Awalnya untuk tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum, ibu hamil, sasaran dengan disabilitas, dan anak usia 12 tahun ke atas. Pada awal Desember 2021, melalui rekomendasi ITAGI (Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional) pemerintah mengizinkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 – 11 tahun, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun.

Secara garis besar alur pelaksanaan vaksinasi covid19 bagi anak usia 6 – 11 tahun sama dengan usia 12 tahun ke atas. Sasaran diskrining untuk kemudian dinyatakan layak mendapatkan vaksinasi covid19. Adapun perbedaanya terletak pada saat melakukan pengukuran tekanan darah. Pada kelompok anak-anak diperlukan manset khusus anak untuk mengukur tekanan darah.

Puskesmas Dinoyo pada hari Senin, 20 Desember 2021 telah melakukan vaksinasi covid19 bagi anak usia 6 – 11 tahun didua sekolah dasar, yaitu SDN Dinoyo 1 dan SDN Tlogomas 2. Pada kesempatan tersebut setidaknya 138 siswa dari SDN Dinoyo 1 dan 175 siswa dari SDN Tlogomas 2 dapat tervaksin. Sasaran lain yang belum bisa divaksin pada hari tersebut disebabkan oleh batuk pilek, kekeliruan administrasi dan hal lain yang dapat menyatakan bahwa sasaran tidak bisa divaksin.

Jadwal kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 – 11 tahun akan diupdate secara berkala oleh Puskesmas Dinoyo melalui sekolah di wilayah kerja Puskesmas Dinoyo.

Anak Indonesia Sehat, Indonesia Hebat.

About author

Articles

Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *